Tuesday, January 31, 2012

Homemade Pizza

Rasa penasaran membuat pizza buatan sendiri makin besar, mengingat sang buah hati dan suami tercinta suka dengan pizza. Setelah googling sana-sini, dapat deh resep ini. Resepnya mbak Nia Radin Cake. Ternyata mudah dan cepat. Ealahhh tahu gitu dari dulu bikinnya, hehe. Terus...pas banget semua bahan ada di rumah. Akhirnya jadi deh homemade pizza.


Dicobain yukkk! Selain si kecil dan suami suka, teman-teman di kantor juga suka. Satu resep bisa membuat 3-5 pizza (tergantung tebal-tipis dough pizza yang kita mau).


DOUGH PIZZA

Bahan kering:
400 gr tepung terigu protein tinggi (cakra)
100 gr tepung terigu protein rendah (kunci biru)
1 sachet ragi instant (11 gr)
1 sdt garam
2 sdm gula pasir

--> Campur semua bahan kering diatas di dalam baskom, buat lubang di tengah.

Bahan basah:
1 btr telur
70 ml minyak zaitun/minyak sayur
250 ml air dingin

--> Masukkan bahan basah ini ke dalam campuran bahan kering, tepatnya di tengah (lubang) campuran bahan kering.
--> Uleni hingga kalis.
--> Tutup baskom dengan plastik rapat-rapat. Masukkan kulkas. Diamkan selama minimal 30 menit.
--> Setelah 30 menit. Timbang adonan menjadi 3-5 bagian (tergantung selera, mau tipis atau tebal adonannya).
--> Gilas adonan sampai adonan tidak dapat melar lagi (ini dimaksudkan untuk mengeluarkan gas dalam adonan).
--> Tusuk-tusuk dengan garpu sebanyak mungkin pada adonan yang telah digilas (supaya adonan tidak menggembung ketika di panggang).
--> Beri topping sesuai selera.
--> Panggang hingga pinggiran adonan sedikit kecoklatan.

TOPPING 

Kalo aku topingnya (diurut satu per satu):
1. Oleasi pasta tomat/saus barbeque
2. Tata rapi sosis/tumisan daging giling (jangan kornet, gak enak dan pengawetnya banyak)
3. Taburi irisan bawang bombay/daun bawang
4. Taburi keju parut/keju mozarela (keju mozarella adalah keju yang meleleh pada saat dipanggang)

Note: Jangan lupa untuk selalu menaburi alas untuk menggiling adonan dengan tepung dan membedaki telapak tangan dengan tepung, karena dough pizza itu agak lengket.

Selamat mencoba!

Monday, January 23, 2012

Rawon Iga Sapi


Musim hujan dan angin kencang gini, enaknya makan apa ya???

Uhuyyy jadi kepikiran pingin bikin Rawon yang resepnya diambil dari buku NCC. Sepertinya enak nih ^_^ (duh udah ngeces duluan, xixixi..). Berhubung adanya iga sapi (secara daging lebih mahal) maka jadilah Rawon Iga Sapi. Meski adanya cuma iga sapi dan toge pendek, tapi tetap sedap :-)

Monggo di coba..jangan malu-malu lho ^_*

Berikut resepnya:

Bahan:

1 kg     daging sandung lamur
7 sdm   minyak goreng
2 lt       air

Bumbu rempah daun:
1 pt      lengkuas, memarkan
2 btng   serai, memarkan
3 bh     jeruk purut ambil kulit wanginya saja
3 lbr     daun jeruk
1sdt      gula
1 sdt     asam jawa

Bumbu halus:
12 bh   keluwak, ambil isinya
17 bh   bawang merah
8 bh     bawang putih
2 sdm   ketumbar
1 sdm   garam
1 ruas   kunyit
terasi secukupnya

Pelengkap:
Tauge pendek, seduh, tiriskan
Telur asin, belah dua
Kerupuk udang
Kemangi dan timun cincang
Sambal terasi

Cara membuat:
1.       Didihkan air, lalu masukkan daging, rebus hingga matang, potong dadu.
2.       Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan kedalam rebusan daging, masukkan rempah daun, tutup panci biarkan hingga daging empuk dan bumbu meresap.
3.       Tempatkan tauge dalam mangkuk, siram dengan kuah daging dan dagingnya, beri kemangi, timun, hidangkan bersama kerupuk, telur asin dan sambel terasi
4.       Rawon, biasa disantap bersama nasi putih.