Thursday, November 27, 2014

Brownies Marmer Ubi Ungu

Lagi pengen bikin brownies. Kali ini pake ubi ungu. Kebetulan dapat ubi ungu kukus dari rapat di kantor, bawa pulang aja, hehehe. Awalnya mau dibuat homemade mie ubi ungu, tapi berubah karena lagi bosen makan mie .

Warna browniesnya jadi cantik ya dan rasanya tentu saja enakkk. Ohya, warna ungunya bisa cantik karena ada penambahan cream cheese. Dan tentu saja dalam rangka meramaikan NCC Brownies Week, brownies marmer ubi ungu ini saya ikut sertakan. Alhamdulillah dapat badge ^_^

Brownies Marmer Ubi Ungu
ala Mama Kayla/Neng Ella

Bahan A:
300 gr cream cheese, suhu ruangan.
60 gr gula pasir
2 btr telur
150 gr ubi ungu, kukus dan haluskan

Bahan B:
250 gr DCC cincang
120 gr margarin
130 gr tepung terigu all purpose
20 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
3 butir telur ukuran besar, kocok lepas.
175 gr gula pasir

Cara Membuat:
1.       Siapkan loyang ukuran 24x24x4 poles dengan margarin, alasi dengan kertas roti, olesi kembali dengan margarin.
2.       Campur semua bahan A. Kocok hingga lembut. Sisihkan.
3.       Bahan B: Campur dan ayak terigu, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan.
4.       Lelehkan margarin bersama DCC hingga larut dan licin, angkat dari api, tunggu hingga agak dingin  kemudian masukkan gula pasir, aduk hingga tercampur rata, masukkan telur kocok, aduk hingga tercampur rata.
5.       Masukkan campuran terigu, aduk hingga rata.

6.       Tuang adonan bahan B ke dalam loyang, setelah itu tuang bahan A ke dalam loyang (diatas bahan B). Ambil tusuk gigi, aduk-aduk adonan hingga membentuk marmer, kemudian panggang selama kurang lebih 50-60 menit hingga matang (lakukan test tusuk).

Tuesday, November 25, 2014

Homemade Mie Telor Buah Bit (Red Noodle)

Selain sawi hijau, buah bit bisa juga digunakan untuk membuat homemade mie telor. Caranya sama dengan pembuatan homemade mie telor sawi hijau, saya hanya mengganti dengan buah bit.
Hasilnya....taraaaa...warna merah yang cantik. Si kecil Kayla makin bersemangat makan mie ^_^


Friday, November 7, 2014

Homemade Mie Telor Sawi Hijau

Kayla akhir-akhir ini sulit makan. Makan nasi aja gak mau, boro-boro makan sayur. Mengingat dia suka sekali mie, maka kemarin saya membuat mie telor sawi ijo. Biar ada unsur sayurnya gitu . Alhamdulillah dia suka . Ini adalah kali pertama saya membuat mie sendiri. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Mbak Nina makasih ya udah sharing resep. Saya adalah penggemar berat mbak Nina, hehe. Jadi jangan kaget kalau disini resep-resepnya banyak didapat dari blog mbak Nina ^_^ . Oh ya, kembali ke mie, menurut saya mienya enak, kenyalnya pas. Saya membuat mie ayam dari homemade mie tersebut, dan Alhamdulillah langsung habis, hehe, karena kebetulan ada tante dan anak-anak beliau yang main ke rumah saya.

Nexttime pengen bikin pake buah bit.

Homemade Mie Telor Sawi Ijo

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm garam halus
2 sdm tepung sagu
3 butir telur ayam (bisa juga pakai telur bebek)
200 gr sawi hijau --> blender dengan sedikit air (kira-kira 150 ml), ambil sarinya kurang lebih 100-150 ml

Cara Membuat :
1.       Dalam sebuah wadah campur terigu dan garam. Aduk hingga rata.
2.       Tambahkan tepung sagu, aduk kembali hingga tercampur rata.
3.       Ambil sari sawi hijau (aku pakai 150 ml), masukkan telur ke dalam sari sawi hijai kemudian aduk hingga rata.
4.       Tuang campuran sari sawi hijau sedikit demi sedikit ke campuran tepung sambil uleni hingga rata dan kalis. Tambahkan sari sawinya bila adonan dirasa masih kering.
5.       Masukkan adonan ke dalam gilingan pasta/mie. Giling dengan nomer yang besar terlebih dahulu hingga halus. Sesekali beri tepung sagu agar tidak lengket.
6.       Kecilkan nomer gilingan hingga ketebalan yang diinginkan.
7.       Cetak mie sesuai selera, bisa bentuk pipih ataupun bulat.
8.       Adonan mie siap digunakan.

Thursday, November 6, 2014

Jamie Oliver’s Pumpkin Pie

Sebenarnya pie ini sudah lama dibuatnya, tapi males banget upload ke blog :-( . Ya…ini masih dalam rangka menghabiskan labu kuning, saya membuat pie. Sudah lama ngincer resep ini untuk dibuat, cuma…lagi lagi malas, maklum waktu itu sedang berbadan dua.

Aduh…rasa malas itu beneran deh. Lihat di foto, bentuk crustnya gak karuan, hahaha. Tapi jangan nanya soal rasa ya. Enakkk… 
Resepnya saya dapat dari blognya mbak Isna. Terima kasih ya mbak. Yukk buat yang mau varian filling lain dari pie. Yang ini patut dicoba ^_^

Jamie Oliver’s Pumpkin Pie

Bahan kulit pie :
·         250 gr tepung protein tinggi
·         50 gr gula halus
·         150 gr mentega, dinginkan lalu potong-potong
·         1 butir telur, kocok lepas
·         1/4 sdt garam
·         1-2 sdm susu uht dingin

Bahan filling :
·         250 gr labu kuning
·         250 ml susu cair 
·         100 gr gula pasir
·         1 vanili pod, keruk isinya, bisa juga diganti dengan vanili bubuk
·         1 butir telur

Cara membuat :
1.       Kulit : Campur terigu, gula halus dan garam, aduk rata. Masukan mentega dingin, aduk dengan ujung-ujung jari atau menggunakan pisau pastri sampai berbentuk remahan. Tuang telur dan 1 sendok susu, aduk dengan sendok kayu sampai adonan menggumpal dan  tercampur rata.Bungkus dengan plastik wrap, simpan dalam kulkas selama 30 menit.
2.       Keluarkan adonan kulit, giling tipis kira-kira setengah senti lalu cetek dalam loyang pie (saya pakai loyang diameter 18 cm dan 3 buah loyang pie ukuran kecil). Tusuk-tusuk dengan garpu lalu simpan lagi dalam kulkas selama 30 menit.
3.       Filling : Campur jadi satu dalam panci, labu kuning, susu cair, gula pasir dan vanili masak dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih. Tutup panci jangan terlalu rapat, masak sampai labu benar-benar matang dan air nya menyusut. Angkat, dinginkan lalu blender sampai halus. Sisihkan.
4.       Sambil menunggu adonan filling dingin, Panggang kulit pie selama 10 menit atau sampai setengah matang. Jangan lupa alasi dasar kulit pie dengan kertas roti dan beri pemberat, bisa dengan kacang-kacangan agar ketika dipanggang dasar kulit tidak menggelembung. Ambil kertas roti dan pemberatnya panggang lagi selama 5 menit. Angkat, sisihkan.
5.       Kocok telur lalu tuang kedalan adonan filling yang sudah dingin, aduk menggunakan wish sampai tercampur.
6.       Tuang diatas kulit pie lalu panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan filling mengeras di bagian pinggirnya dan lembek di bagian tengah.

7.       Angkat, biarkan dingin sampai filling terlihat set. Potong dan sajikan.