Monday, April 30, 2012

Super Epic Rainbow Cake

Kata teman saya sekarang sedang heboh-hebohnya Rainbow Cake. Saya jadi penasaran. Saya menunjukkan foto Bolu Kukus Pelangi yang pernah saya buat tahun lalu kepada teman saya dan sembari bertanya apakah cakenya seperti yang ada di foto tersebut. Tetapi teman saya mengatakan bahwa Rainbow Cake ini prosesnya dipanggang, bukan dikukus. Wahhh...saya semakin penasaran.

Rasa penasaran saya hilang setelah saya menemukan resepnya di web-nya Martha Stewart. Ternyata cake ini punya story. Si penemu Super Epic Rainbow Cake, Kaithlin Flannery, membuat cake ini untuk temannya yang sedang berduka karena tertimpa bencana gempa bumi. Temannya sangat menyukai pelangi. Oleh karena itu, Kaithlin sengaja membuat Rainbow Cake agar bisa menghibur temannya.

Hari Sabtu saya sengaja membuat Super Epic Rainbow Cake versi asli, tapi cuma 1/2 resep, takut gagal (hahaha...). Tapi ternyata gak gagal dan gak bantet meski mengantri 6 tahap. Maklumlah, cuma punya oven tangkring (otang) ukuran 26x26 ;-p  .
Selain menghilangkan rasa penasaran, saya berharap anak saya mau makan setelah beberapa hari gak mau makan karena sakit. Alhamdulillah...Kayla menghabiskan cake 1 slice, yippie..!!

Meski saya kurang menyukai warna-warna yang ngejreng dalam cake, tapi cake ini enak dan lembut. Suami saya saja sampai minta tambah (hihihi...). Seperti sponge cake tapi lebih ringan. Kalau ingin mencoba resepnya,  silahkan click websitenya Martha Stewart. Atau silahkan lihat (dibawah) versi yang sudah saya terjemahkan dalam bahasa Indonesia ala saya (hihihi...maap ya kalau salah). Tapi kalau malas bikin sendiri, boleh pesen kok ke saya. Sms aja ke 081314811145. Ditunggu ya :-)

Ohya, karena saya sedang malas membuat buttercreamnya (resep asli menggunakan swiss meringue buttercream) untuk filling dan mengcover cake, saya pakai cara praktis yaitu whip cream yang dikocok hingga mengembang. Hasilnya tetap enak :-)

Maap...motong kuenya berantakan. Belum diset dulu di lemari es. Keburu-buru mau dimakan sih :-p


Super Epic Rainbow Cake        
(modifikasi Neng Ella)

White Cake (but not really)
2 sticks (226 g) butter/mentega, suhu ruangan
2 1/3 cup (466 g) gula pasir --> saya 375 g
5 putih telur, suhu ruangan
2 sdt vanilla
3 cup (375 g) all-purpose flour (terigu segitiga)
4 sdt baking powder
½ sdt garam
1 ½ cup (355 g) milk, suhu ruangan --> saya pakai susu full cream
Pewarna makanan bentuk gel warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu. (Pewarna cair tdk cukup kuat warnanya) --> saya pakai pewarna cair biasa (hakiki, cross, dll), hasilnya oke juga

Methods:
      Panaskan oven 150° C. Beri minyak dan ratakan pada loyang bulat ukuran 22 cm (saya punya 3 loyang dan digunakan beberapa kali)

      Campur tepung, baking powder dan garam hingga rata. Sisihkan.

      Kocok gula dan butter/mentega hingga berwarna putih/pucat (creamy), kemudian tambahkan putih telur (saya memecahkan terlebih dahulu putih telur dalam 1 mangkok) and tambahkan dalam satu waktu. Kemudian tambahkan vanilla dan kocok hingga benar-benar rata. Kemudian,  tambahkan susu dan campuran tepung ke dalam adonan telur secara bergantian.

      Bagi adonan diatas dalam 6 mangkok (saya melakukan dengan cara menimbang mangkok mixer sebelum ditambah bahan-bahan dan kemudian dikurangi berat mangkok setelah adonan selesai. Hasil pengurangan tersebut dibagi enam). Setelah dibagi dan diletakkan ke dalam 6 mangkok. Beri warna. Campur rata dan masukkan ke dalam Loyang. Kemudian masukkan ke dalam oven. Panggang hingga matang, kira-kira 15 menit. Ketika dikeluarkan dari oven, letakkan dalam cooling rack (masih dalam Loyang), dinginkan sekitar 10 menit.

Lemony Swiss Meringue Buttercream

To fill and crumb coat(filling)
9 putih telur
1 ¾ c (350 g) gula pasir
4 sticks (454 g) butter/mentega, suhu ruangan
2 sdt lemon extract

To frosting:
5 putih telur
1 c (200 g) gula pasir
2 sticks (227 g) butter/mentega, suhu ruangan
1 sdt lemon extract

Metode:
Masak putih telur dan gula dalam panci sambil dikocok dengan whisker sampai gula larut (jangan sampai mendidih). Jika sudah lembut, berarti selesai. Pindahkan ke mangkok mixer dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga suhu ruangan. Kemudian, dengan kecepatan sedang, tambahkan butter/menter (secara bertahap)hingga tercampur rata. Setelah butter/mentega ditambahkan, pindahkan mixer ke kecepatan tinggi dan kocok hingga semua menyatu, kira-kira 5 menit. Tambahkan ekstrak lemon, kocok sebentar dan matikan. Adonan siap digunakan.

Note: Jika buttercream kelihatan terlalu encer setelah semua butter/mentega ditambahkan, masukkan ke dalam lemari es 5 – 7 menit dan kemudian lanjutkan mengocok hingga buttercream lembut dan siap digunakan.

Penyelesaian
Tumpuk lapisan cake sesuai keinginan kita. Filling dan fosting cake tersebut.

***

9 comments:

yuliana tjia said...

Hello Mbak :), mau nanya beda Fillinf & Frosting it apa yh?!
truz Mentega & Margarin it beda yh?!
*Maaf org awam yg bru msuk dapur*

Neng Ella said...

Halo mbak Yuliana. Salam kenal. Sebenarnya saya juga orang baru di dunia baking :-) .
Beda filling dan frosting, filling digunakan sebagai lapisan di tiap layer cake, sementara kalau frosting digunakan untuk mengcover/menutupi cake.
Beda mentega dan margarin adalah mentega terbuat dari lemak hewani, sedangkan margarin terbuat dari lemak nabati. Coba buka http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=52 . Di resep ini bisa juga menggunakan margarin. Penggunaannya sama saja dengan mentega.

rhoziie said...

mmm... yummie
delicious...
saya pengen nyoba buat, tapi saya laki laki, masalah ga ya mba.. heheh

Neng Ella said...

Hehehe kue ini tidak mengenal gender, jadi siapa saja bisa membuatnya. Coba aja dibuat, insya Allah enak. Ini resep versi asli. Ditunggu infonya ya :-)

silvinamar said...
This comment has been removed by a blog administrator.
silvinamar said...

sore mba :)
salam kenal ya mba, aku shabrina . kebetulan hobi masak juga, hehe
aku mau nanya mba, aku dirumah juga ada oven tangkring, katanya kalo mau buat cake berlapis lebih sponge kalo loyangnya di bagi jadi beberapa ya? kalo misalkan jadi 3 atau 4 step, apa adonan berikutnya yang masih di nunggu luar (belom di oven) gak berubah konsistensinya dan gak bantet ya mba? mau nyoba tapi ragu2 takut bantet, hehe
makasih sblumnya ya mba,, wasalam :)

Neng Ella said...

Halo Mbak Silvi, selamat sore juga! Salam kenal balik ya :-)
Kalau resep rainbow cake versi asli ini, ngantri gak apa, insya Allah gak bantet.
Kalo versi sponge cake kalo ngantri gak bisa lama karena bergantung pada kocokan telur yang mengembang dan kental itu. Kalau lama, antara telur dan kandungan air didalamnya memisah dan turun, itulah yang menyebabkan kue bantet. Di blog ini juga ada resep rainbow cake versi sponge cake. Silahkan dicoba dua2nya agar tahu dimana letak perbedaannya.
Selamat mencoba ^_^

Jassica Mody said...

this is the first time i visit your site but i will be one of your permanent visitors, i hope you see my blog at
International Decor

Jones Morris said...

Wow, cool post. I’d like to write like this too – taking time and real hard work to make a great article… but I put things off too much and never seem to get started. Thanks though. cupcakes montgomery al