Friday, March 15, 2013

Muffin Keju

Tergiur oleh foto yang dipajang oleh mbak Baitty di BBnya, ikutan juga bikin muffin keju ini :-) . Buatnya mudah dan cepat, gak pakai mixer segala, hehe. Praktis buat bekal Kayla ke sekolah. Tapi gak boleh sering-sering juga, tetap bekal yang sehat yang paling baik.

Resep muffin keju ini adalah resepnya mbak Nur El. Dan ternyata sudah banyak yang mencoba resep ini. Terima kasih kepada mbak Baitty yang sudah memperkenalkan resep muffin keju yang praktis ini. Terima kasih kepada mbak Nur El yang sudah sharing resep ini.


Bagi yang penasaran, silahkan mencoba...



Bahan:
Tepung terigu 250 gr.
Margarin 100 gr, cairkan, diamkan hingga dingin.
Telur 2 butir.
Susu cair 150 ml.
Keju parut 50 gr.
Keju potong dadu sekitar 1/2 cm, 60 gr.
Gula halus 60 gr (ella: 80 gr)
Baking powder 1 1/2 sdt.
Soda kue 1/4 sdt.
 Vanili bubuk 1/4 sdt.

Cara membuat:
1.       Masukkan susu cair dan keju parut kedalam panci, panaskan kompor.aduk-aduk dengan whisker hingga keju hancur. Diamkan hingga dingin. Sisihkan.
2.       Panaskan oven 190 derajat celsius sekitar 15 menit.
3.       Siapkan loyang muffin, alasi setiap lubang dengan mangkuk kertas.
4.       Dalam baskom besar, campur tepung terigu, gula halus, soda kue dan baking powder aduk hingga rata, sisihkan.
5.       Campur margarin cair dan telur (yang sudah dikocok lepas dengan diberi vanili bubuk) ke dalam panci yang berisi susu dan keju, aduk hingga rata dengan menggunakan pengocok kawat. Setelah merata, tuang adonan kedalam baskom besar yang berisi tepung terigu dengan bahan kering lainnya, tambahkan keju yang telah dipotong dadu, aduk asal dengan menggunakan spatula.
6.       Tuang adonan kedalam Loyang muffin hingga hampir penuh. Lubang yang tdk terisi adonan hrs tetap dialasi mangkuk kertas.
7.       Masukkan kedalam oven, panggang sekitar 20 menit dengan suhu 190 derajat celsius hingga matang.
8.       Keluarkan loyang dari dalam oven, biarkan selama 5 menit. Pindahkan ke cooling rack, biarkan hingga hangat dan sajikan.


Note:
Supaya hasilnya bagus, cembung permukaannya, maka sebaiknya mengisi adonan pada Loyang muffin jangan terlalu penuh (lihat contoh gambar).


Selamat mencoba :-)

--------------------------------------------------------

3 comments:

dewi fenisyah ulin-ulan said...

salam kenal mbak ella..q dah cba resep nya simpel sich tp pas mateng kq hasilnya kya' kue babtet y...kira" apanya y yg slh ma proses pmbuatanq...

Neng Ella said...

Halo mbak Dewi. Salam kenal juga. Kue ini seharusnya gak bantet ya karena ada baking powder dan baking soda disitu. Kalau padat iya. Atau mungkin ovennya terlalu panas (suhunya terlalu tinggi) sehingga di luar lekas matang, tetapi dalamnya belum. Hasilnya tentu saja akan seperti bantat. Dicoba lagi aja dengan suhu kecil. Proses manggangnya akan lebih lama, tetapi insya Allah semua matang. Jangan lupa panaskan oven dulu sekitar 10-15 menit sebelum adonan dimasukkan ke oven.
Semoga berhasil.

dewi ratih said...

Mba sy dah bikin... hasilnya bagus. Tp kok rasa kurang sip. Padahal bahan sy timbang dengan benar.. sesuai petunjuk