Thursday, January 24, 2013

Homemade Pizza & Caterpillar Bread

Udah lama gak bikin pizza. Kebetulan dari kemarin Kayla minta dibikinin roti. Pagi tadi sepupunya datang, adonanpun saya bagi dua, satu bagian saya bikin pizza mengingat sepupunya sangat suka pizza, satu bagian lagi saya bikin roti. Ohya, adonannya ada campuran tepung pisang yang kebetulan tinggal sedikit, kira-kira 50 gram (sisa dari bikin brownies). Daripada dibuang, dicampurin aja pada adonan rotinya.

Ketika jam makan siang tiba, pizzapun matang. Wah...satu loyang habis cuma dimakan Kayla dan sepupunya, Alhamdulillah... :-).  


And...this is Kayla's favorite one ^_^, Caterpillar Bread. Look pretty, right? Hahaha...becanda dink ;-p . Bentuknya masih gak rapih. Wis...sing penting dipangan yo. Rotinya agak padat..., hmm mungkin karena ada campuran tepung pisang, atau...gak tahulah. Tapi tetap enakk...gitu Kayla, Papanya, dan saudara-saudara. Hehe...


Resep adonan rotinya...silahkan buka disini

 -------------------------------------------------------

Sunday, January 13, 2013

Brownies Panggang Putih Telur Tepung Pisang (Gluten Free)

Brownies ini disajikan untuk ulang tahun kantor yang ke-19, dimana memang kami tahun ini mempunyai misi untuk mengangkat pangan lokal semakin meng-indonesia.

Beberapa hari sebelumnya, saya sudah diberi bahan tepung pisang oleh kantor untuk dibuatkan kue yang akan dibawa ke kantor. Awalnya saya sudah memberi ide bahwa saya akan membuat banana cupcake.  Karena kebetulan ada sisa putih telur dari orderan birthday cake, daripada bingung juga itu sisa putih telur dibikin apa, maka saya berubah pikiran untuk membuat brownies panggang putih telur saja.

Hasilnya...hmm....enak plus rendah kolesterol ^_^  meski tekturnya lebih padat dan agak beremah daripada brownies yang terbuat dari tepung terigu. Alhamdulillah, di kantor laris manis, ludes dalam sekejap :-p
Buat penderita alergi gluten, gak ada salahnya mencoba brownies yang satu ini :-) .
 

Brownies Panggang Putih Telur Tepung Pisang
Ala Mama Kayla

Bahan A:
125 gram tepung pisang
25 gram tepung maizena
8 butir putih telur
150 gram gula pasir
350 gram dark cooking coklat (DCC), potong kecil-kecil.
150 gram mentega
100 gram kacang almond slice



Cara Membuat:
1.       Olesi 2 buah Loyang 30x10 cm dengan mentega, beri alas kertas roti, dan olesi lagi dengan mentega.
2.       Lelehkan mentega dalam panci dengan api kecil, kemudian masukkan DCC, aduk hingga DCC meleleh dan tercampur rata dengan mentega. Matikan api. Sisihkan.
3.       Campur tepung pisang dan tepung maizena dalam satu wadah, sisihkan.
4.       Kocok putih telur dengan kecepatan rendah hingga berbusa, kemudian masukkan gula pasir, kocok lagi dengan kecepatan tinggi hingga mengembang (softpeak).
5.       Masukkan tepung sedikit demi sedikit, aduk rata atau kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
6.       Masukkan coklat leleh, aduk rata.
7.       Tuang dalam ke dalam Loyang, beri taburan kacang almond dan panggang kira-kira 40 menit atau hingga matang,

---------------------------------------------------------- 

Ombre Cake for Janeeta's 1st Birthday

This birthday cake is ordered by Bunda Janeeta in Bintaro.

Base: Ombre Cake
Size: 20 x 20 cm
Filling: Cream Cheese Frosting
Topping: Buttercream, Mickey Set Topper

"Happy 1st Birthday, Janeeta..."



Thank you for ordering :-)
----------------------------------------------------------


Thursday, January 3, 2013

Cake Peuyeum



Sejak kakak ipar jualan brownies peuyeum, saya jadi kepengen bikin juga.  Setelah searching ke sana kemari, nemu deh resepnya. Resep ini didapat dari blognya mbak Vania. Hanya jumlah gulanya saya kurangi karena menurut saya tape itu sudah manis.


 Saya bikin 2 loyang. Satu loyang buat dimakan sekeluarga, satu loyang lagi saya bagikan ke tetangga depan rumah. Menurut saya, cake ini enak, tapenya sangat terasa. Alhamdulillah di rumah laris manis. Dan saya bawa beberapa potong ke kantor juga, kata temen-temen enak.

Buat yang ingin mencobanya, silahkan lihat resep di bawah ini :-)



BAHAN:
300 gr peuyeum (tape singkong) yg tua, buang seratnya (sumbunya)
50 ml susu kental manis
5 telur utuh
150 gr gula pasir
1 sdt vanila essen
150 gr mentega, lelehkan
100 gr keju cheddar parut

Ayak:
175 gr tepung terigu
1 sdt baking powder

CARA MEMBUAT:
1.       Siapkan 2 loyang brownies ukuran 22x10x4 cm. Olesi mentega, taburi sedikit terigu.
2.       Haluskan peuyeum dengan garpu, campurkan dengan susu kental manis. Aduk rata, sisihkan.
3.       Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental
4.       Tambahkan vanilla essen, kocok rata.
5.       Masukkan campuran peuyeum halus sedikit-sedikit sambil kocok hingga rata.
6.       Tuang mentega leleh, aduk rata.
7.       Tambahkan campuran tepung terigu dan 50 gram keju cheddar, aduk rata.
8.       Tuang ke dalam loyang dan panggang dalam oven panas bersuhu 160 C (sy pake 180 C) selama 45 menit hingga matang. (u/ cupcake waktu-nya lebih pendek)
9.       Angkat, dinginkan. Potong-potong dan sajikan.
 
--------------------------------------------------------------