Wednesday, February 27, 2013

Kue Adee & Ayam Tangkap



Yeahhh…tak disangka saya dapat kiriman Kue Adee dan Ayam Tangkap dari Meureudu Aceh. Senangnya bukan main. Apalagi kiriman ini adalah kiriman dari seorang teman lama, tepatnya teman sewaktu masih sekolah dasar di Banda Aceh. Kiriman kue dan ayam ini dititipin kepada teman saya yang baru-baru ini tugas selama 4 hari ke Banda Aceh :-)

Saya ingat waktu SD dulu teman saya ini orangnya kurus, hitam manis, dan rambut panjangnya selalu dikuncir kuda. Saya ingat juga ia tak banyak bicara orangnya. Tak disangka setelah bertahun-tahun berlalu, kami bertemu lagi melalui jejaring social. Wahh hebat…bagaimana ia bisa menemukan saya, hihihi, padahal foto yang dipajang adalah foto anak saya. Beberapa tahun lalu saya pernah mencari namanya di situs jejaring social itu tetapi saya tak pernah menemukannya. Saya pikir ia adalah salah satu korban tsunami, demikian juga beberapa teman yang lain. Ternyata malah kebalikan, mereka semua yang menemukan saya. Senangnya masih diingat ^_^. Alhamdulillah….

Ohya, Kue Adee ini rasanya enak sekali. Kue Adee adalah kue tradisional yang berbahan dasar tepung terigu atau singkong, gula pasir, santan, telur, dan daun pandan, sehingga rasanya gurih, manis, dan legit. Teksturnya sangat lembut. Yang unik dari Kue Adee, sebelum dipanggang, diatasnya adonan ditaburi bawang goreng. Sayangnya kue ini tidak tahan lama, paling lama 3 hari di dalam kulkas. Jadi jika ingin lebih tahan lama sebaiknya disimpan di dalam freezer. Bagi saya, Kue Adee lebih enak dari kue-kue sejenis dari provinsi lain. Gak eneg. T O P deh. Tapi saya gak berani makan banyak-banyak, kolesterol tingkat tinggi, hahaha.


Satu lagi Ayam Tangkap. Saya suka sekali ayam tangkap dari Aceh ini. 1 ekor ayam rasanya tidak cukup. Hahaha…kesannya rakus ya, oopss jangan membayangkan makan 1 ekor ayam potong/broiler goreng ya :-p  . Ayam Tangkap itu sebenarnya ayam kampung ukuran kecil, umur beberapa hari mungkin, yang telah dibumbui dan digoreng bersama dengan daun kari/temuru dan potongan daun pandan. Nah pada saat disajikan, dedaunan ini digunakan untuk menutupi ayam sehingga menjadi daya tarik tersendiri dan rasanya menjadi unik :-)


Buat Meti, tengkyu so much ya. Kamu baik sekali. Sayangnya kita belum kopi darat setelah sekian lama. Semoga kalau ada kesempatan kita bisa bertemu. Aamiin.
--------------------------------------------------------

Tuesday, February 12, 2013

Bolu Durian

Stock durian monthong di lemari es tinggal 5 biji. Saya tidak terlalu suka durian karena saya takut tekanan darahnya naik. Suami dan anak juga tidak terlalu suka. 2 Minggu lalu Eyang Putri datang ke rumah sambil membawa 1 buah durian monthong untuk dimakan rame-rame. Tahu sendiri kan kalau durian monthong dagingnya banyak. Berhubung di rumah gak terlalu suka durian dan Eyang Putri dan Eyang Kakung  kekenyangan, akhirnya sisa 5 biji disimpan di lemari es. Ternyata sampai 2 minggu berlalu gak ada yang menyentuh durian ini.


Okelah...daripada mubazir, saya mencoba resep Bolu Durian-nya NCC. Setelah dikeluarkan isinya dan ditimbang daging duriannya, wow...pas banget beratnya dengan resep. Sipp.



Ketika sedang dipanggang, pas mau matang, perpaduan aroma bolu + durian begitu menggoda. Wuihh sedap. Saking gak sabarnya, setelah matang, masih panas-panas udah dipotong aja, hahaha...
Hasilnya lumayan banyak buat dibagi-bagi, di kantor saya, di kantor suami, tetangga, dan keluarga tante saya. Alhamdulillah...banyak yang suka dan habis. Senengnya jadi gak mubazir :-)

Berikut resepnya...



Bahan:
250 gr   mentega
250 gr   gula pasir
6 btr      telur utuh
250 gr   tepung terigu
1 sdt     baking powder
1 sdt     soda kue
250 gr   daging durian, haluskan.

Cara membuatnya:
1.       Kocok mentega dan gula hingga mengembang pucat, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok hingga tercampur rata.
2.       Ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue, masukkan kedalam adonan mentega, aduk rata.
3.       Masukkan daging durian halus, aduk rata. tuang adonan kedalam loyang tulban. Panggang dalam oven selama 45 menit, hingga matang.


Selamat mencoba!
-----------------------------------------------------------

Thursday, February 7, 2013

Promo Non Cake Decorating



Berikut adalah beberapa pesanan orang untuk non cake decorating.

Itung-itung foto dibawah ini sekalian promo deh, siapa tahu ada yang berminat, hehe… :- ))

----------------------------------------------------

Tuesday, February 5, 2013

Purple Velvet Cake for Mbak Yessi



Cake ini adalah pesanan ke-3 dari Bunda Yessi di Cipadu. Purple Velvet Cake untuk ulang tahun suami tercinta hari ini. Alhamdulillan dan terima kasih mbak Yessi sudah percaya sama saya :-)

Sebenarnya mbak Yessi request Red Velvet Cake, cuma karena requestnya dadakan, yaitu kemarin sore, saya tidak bisa membuatkannya karena kebetulan tidak ada stock buah bit, buah-buahan dan pewarna merah.  Mau belanja ke toko bahan kue, gak mungkin, karena sudah kesorean dan hujan. Selain itu saya masih kerja. Saya katakan kepada mbak Yessi jika saya bisa membuatkannya lusa karena hari ini saya akan belanja bahan kue. Tapi karena mbak Yessi keukeuh mau buat hari ini, akhirnya saya buatkan Purple Velvet Cake, hehe… Resepnya pakai Sponge Cake-nya Yongki plus ditambah pewarna ungu. Krimnya tetap menggunakan Cream Cheese Frosting, supaya kelihatan tetap Velvet Cake gitu ^_^


Semoga berkenan ya mbak Yessi…. 
-----------------------------------------------------------

Sunday, February 3, 2013

Black Magic Cake for Mbak Yessi

This Black Magic Cake is 2nd ordered by mbak Yessi for family gathering in Cilandak. Mbak Yessi dan anak-anaknya suka dengan kue ini, sehingga pas ada kumpul keluarga besar mbak Yessi membawa kue ini. Katanya begitu disajikan langsung ludes. Ya Allah mbak, itu doyan apa kelaperan, hehe...


Alhamdulillah...thank you so much for repeated order :-)
------------------------------------------------------------------

Angry Bird Cake for Ardy

Hari Minggu lalu saya dapat orderan dari mbak Nadila di Bintaro untuk dibuatkan birthday cake dengan tema angry bird. Cake ini untuk hadiah ulang tahun keponakannya tercinta, Ardy, yang berulang tahun ke 3. Requestnya cake coklat. Dan akhirnya sepakat dibuat black forest aja.


Ini pertama kali saya buat birthday cake model seperti di atas. Ternyata...capek banget. Nyepuitnya satu-satu dan harus telaten. Fiuhhh...untung requestnya hari libur, kalau hari kerja, bisa gak tidur semalaman kali, hehe...

Semoga berkenan ya mbak atas kuenya. Terima kasih atas orderannya. Dan...semoga dedek Ardy makin pintar, rajin, dan sayang sama ayah-bunda, dan makin sayang juga sama tantenya yang baik hati :-)

--------------------------------------------------------------