Wednesday, July 25, 2012

Roti Boy

Kangen sama roti ini. Cuma kalau mau beli, mesti ke mall tertentu dan letaknya jauh. Kayanya jadi habis di ongkos deh (hahaha...gak mau rugi.com). Akhirnya saya coba membuatnya sendiri. Resepnya saya ambil dari blognya mbak Rosmalia. Tengkyu ya mbak atas sharing resepnya :-)


Sebenarnya saya sudah membuat roti ini sebulan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Tapi selalu kelewatan setiap meng-upload foto. Baru sekarang inget, hehe.

Meski rasa gak mirip banget sama yang asli, tapi enak lho. Kuenya tetap lembut meski disimpan seharian. Sayangnya toppingnya pada saat dingin jadi lengket, gak tahu kenapa begitu. Jadi lebih baik pada saat mau dimakan, dipanaskan lagi sebentar. Selain itu, menurut saya toppingnya kurang rasa kopinya. Next kalau bikin lagi, kopinya ditambah, hmmm...pasti tambah enak ^_^

Buat yang tertarik mencobanya, gak ada salahnya lho :-)

Roti Boy

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
11 gr ragi instant
30 gr susu bubuk
½ sdt bread improver (optional)
4 butir kuning telur
200 ml air dingin (disesuaikan)
100 gr mentega
½ sdt garam

Water Roux :
25 gr Tepung Protein Tinggi
125 ml air

Topping :
80 gr gula pasir
100 gr mentega
125 gr tepung protein rendah
80 gr putih telur (aku gak pake kuningnya, karena dicurigai penyebab dari topping jadi lembek kalo dingin)
Sedikit baking powder (supaya garing...katanya sih...)
1 sdt kopi instant (dicairkan)
Sedikit flavour kopi
Sedikit pasta mocca

Filling :
Potong kotak-kotak keju Quickmelt

Cara Membuat :
Pembuatan Water-Roux Paste :
Campur tepung terigu dan air di saucepan. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk terus menerus sampai membentuk seperti pasta. Kira-kira 2-3 menit, jangan terlalu lama. Angkat dan diamkan sampai dingin. Siap digunakan.

Pembuatan Topping :
Campur gula dan mentega, dikocok sampai halus dan putih, campur terigu, putih telur, baking powder, kopi dan flavour, aduk sampai rata. (seperti cream)

Pembuatan rotinya :
1.             Campur semua bahan kering kecuali garam, aduk rata.
2.             Masukan water roux dan kuning telur dan air dingin.
3.             Mixer sampai tercampur rata, masukan mentega dan garam, mixer sampai kalis.
4.             Diamkan dengan ditutup kain basah selama 30-45 menit atau sampai double in size.
5.             Kempiskan, timbang masing-masing 60 gr, bulatkan dan diamkan selama 15 menit.
6.             Kempiskan lagi dan isi dengan keju/mentega. Bulatkan.
7.             Diamkan selama kurleb 30 menit (15 menit sebelumnya, oven harus sudah dipanaskan)
8.             Beri topping dengan cara melingkar seperti obat nyamuk. Pemberian topping dilakukan pada saat roti akan masuk ke oven.
9.             Panggang selama lebih dari 10 - 15 menit. (Sebaiknya jangan lebih dari 15 menit supaya topping tidak gosong)

***

No comments: