Tuesday, April 9, 2013

Blueberry Cheese Pie

Sebenarnya lagi gak enak badan, tapi ya kok di rumah gak ada camilan, apalagi kala itu hari Minggu. Makan cake bosen. Terus kepikiran, kayanya makan pie enak ya.

Sudah beberapa kali lihat resep mbak Hesti ini, cuma mau bikin males. Hihihi...soalnya saya sering malesnya ketimbang rajinnya, haha. Mungkin karena udah kecapekan ngantor, jadinya di rumah maunya leyeh-leyeh.


Saya suka pie. Lebih tepatnya suka kulitnya, apalagi kalo crunchy ^_^ . Mumpung masih ada bahan-bahan di rumah, maka saya mencoba resep Rasberry Cheese Pie-nya mbak Hesti HH ini. Saya membuatnya dalam versi kecil dan gak pake selai rasberry karena saya tidak ada stock. Saya menggantikannya dengan selai blueberry. Oleh karena itu saya menamakannya Blueberry Cheese Pie :-)  (Maaf mbak, namanya diganti, semoga berkenan).


Ohya, saya membuat pie ini bersama si kecil. Lucu sekali melihat tangan-tangan mungilnya menggiling adonan dan meletakkan adonan ke dalam loyang pie kecil dengan tak beraturan. Dari 10 loyang yang ada, 4 loyang adonan pienya Kayla yang membuat. Seru banget bekerjasama dengan si kecil. Meski tak beraturan, setelah matang hasilnya oke juga karena yang tak beraturan itu tidak kelihatan karena ditutupi oleh cream cheese dan selai blueberry ^_^ .

 

Alhamdulillah setelah matang, pie ini rasanya enak dan renyah, seperti yang saya mau. 24 jam masih renyah lho. Tengkyu mbak Hesti atas sharing resepnya. Hanya sayangnya setelah 24 jam mulai tidak renyah, gak tahu kenapa. Atau memang begitu ya?
Anyway, jangan ragu mencoba, enak rasanya :-)

Berikut resepnya yang telah disesuaikan dengan bahan baku dan loyang pie di rumah saya.



Bahan kulit :
100 gr mentega asin
200 gr tepung terigu protein sedang
3 sdm gula halus
1/4 sdt garam halus
1 buah kuning telur
3 sdm air es

Bahan Filling:
240 gr cream cheese (suhu ruang)
40 gr castor sugar
2 butir telur
vanila extract
Selai blueberry

Cara buat:
1.       Campur tepung, gula, garam aduk sampai rata. Masukkan mentega dan aduk menggunakan pisau pastry atau sendok sampai berbutir. Tambahkan kuning telur dan air es, aduk sampai bergumpal. Bungkus cling wrap, simpan di kulkas sekitar 15-20 menit.
2.       Untuk filling, kocok cream cheese, gula, dan vanilla sampai rata. Masukkan telur satu persatu, kocok rata.
3.       Panaskan oven 150 C. Giling adonan pie lalu masukkan dlm cetakan. Tusuk-tusuk dgn garpu lalu panggang hingga setengah matang selama kurang lebih 10 menit. Keluarkan, lalu tuang adonan filling ke atas pie. Ratakan.
4.       Panaskan selai blueberry sekitar 1-2 menit sampai meleleh. Dinginkan.
5.       Tuang selai ke atas adonan cheese, lalu panggang lagi selama kurang lebih 30 menit . Angkat. Dinginkan.


-----------------------------------------------------

No comments: