Pages

Monday, July 15, 2013

Ayam Panggang Madu

Beberapa hari lalu, adik saya mengatakan akan berkunjung ke rumah saya pada hari Minggu (kemarin) sekalian berbuka puasa bersama. Si kecil Kayla senang sekali mendengarnya ketika saya menyampaikan hal tersebut.

Sehari sebelum hari Minggu, saya mengatakan pada suami bahwa saya akan membuat ayam goreng kremes sebagai menut utama buka puasa bersama adik sekeluarga. Saya suka ayam goreng kremes dan ingin mencoba membuatnya. Kalo beli jadi, lumayan mahal sih, hahaha. Tapi suami mengatakan ingin ayam panggang pakai oven karena sedang bosen dengan ayam yang digoreng.

Setelah searching melalui mbah google, saya tertarik dengan ayam panggang madu dari sajian sedap. Kebetulan saya belum pernah memasak ayam dengan cara memanggang pakai oven.  Minggu siang setelah sholat dhuhur, saya melumuri ayam dengan bumbu dan kemudian didiamkan di dalam lemari es sampai setelah sholat ashar saya mulai memanggang  ayam  selama 2 jam (di resep hanya 1 jam) agar matang dengan sempurna.

Alhamdulillah setelah matang, baunya harum sekali dan warnanya cantik. Dan Alhamdulillah lagi, suami suka dan adik sekeluarga suka. Rasanya enak dan mantab.
Buat yang belum pernah bikin, coba yuk!

Ayam Panggang Madu
Modified by Neng Ella

Bahan:
1 kg paha ayam
2 sendok teh air jeruk lemon
1 sendok makan saus tomat
2 sendok makan saus tiram
3 siung bawang putih, dihaluskan
4 sendok makan madu
1 sendok makan merica bubuk
1 sendok teh bubuk paprika merah
1 sendok teh garam
3 sendok makan margarin, dilelehkan

Cara membuat:
1.       Campur air jeruk lemon, saus tomat, saus tiram, bawang putih, madu, merica hitam, bubuk paprika, garam, dan margarin sampai rata.
2.       Lumuri ayam dengan campuran bumbu. Diamkan 2 jam dalam lemari es. Letakkan di loyang yang sudah dialas aluminium foil dan dioles margarin.
3.       Oven selama 90-120 menit dengan api bawah suhu 150 derajat Celsius sambil dioles sisa bumbu sampai matang dan kecokelatan.

Tips:

Supaya bumbunya meresap sampai ke dalam daging ayam, bisa dilakukan dengan menusuk-nusuk ayam dengan garpu.

No comments: