Wednesday, June 10, 2015

Festival Panen Raya Nusantara 2015

Suatu project untuk Festival Panen Raya Nusantara, yang diselenggarakan di Lapangan Banteng Jakarta Pusat, 6-7 Juni 2015.



  1. Bolu Gulung Tepung Mocaf
  2. Brownies Tepung Ubi Ungu
  3. Pie Susu Tepung Garut
  4. Sosis Solo Tepung Mocaf

Apa itu Festival Panen Raya Nusantara?



Suatu Festival Panen Raya Nusantara yang ditujukan untuk menuju Ekonomi Komunitas Adil Lestari diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian visi bangsa, yaitu terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur melalui pembangunan berkelanjutan yang adil dan lestari.

Sementara Tujuan Spesifik yang ingin dicapai dengan penyelenggaraan Festival Panen Raya Nusantara: Menuju Ekonomi Komunitas Adil Lestari, adalah:

Menciptakan ruang untuk ragam produk Ekonomi Komunitas Adil-Lestari berbasis potensi lokal untuk dikenal oleh publik secara luas.

Tas dan sepatu dari kain tenun Kalimantan

Beberapa Macam Teh Herbal yang disampaikan oleh Dr. Prapti

Kopi Luwak dari Gayo dan Mandailing

Di Indonesia ini banyak sekali potensi-potensi lokal yang bisa dikembangkan menjadi nasional dan internasional. Tetapi bagaimana mempertahankan kualitas suatu produk adalah suatu hal yang masih sulit dilakukan, termasuk bagaimana mengemas secara apik dan pemasarannya. 

Kali ini, saya diminta untuk membuat kue-kue dari tepung-tepung lokal sebagai tester selama pameran berlangsung. Meski sudah beberapa kali membuat kue dari tepung-tepung lokal, tapi tetap saja kalau mau membuat resep baru, harus try and error karena perlakuannya agak berbeda dengan tepung terigu.
Tepung-tepung lokal berbahan dasar umbi-umbian ini merupakan salah satu potensi lokal yang sangat bagus untuk disebarluaskan karena umbi-umbian tumbuh subur di Indonesia. Bahwa tepung-tepung lokal tak kalah enaknya dengan tepung terigu yang sudah lama beredar di Indonesia, yang notabene import dan mengandung gluten. Selain itu juga, tepung-tepung lokal lebih sehat karena tidak mengandung gluten. Sehingga, tepung-tepung lokal ini bisa digunakan oleh orang yang alergi gluten.


---------------------------------------------------------

No comments: