Pages

Friday, June 3, 2011

Ayam Suwir


Ayam Suwir adalah salah satu hidangan yang dihidangkan oleh ibu mertuaku pada hari pernikahanku, dan aku suka sekali. Rasanya yang manis-manis pedas itu, membuatku ingin selalu nambah...nambah...nambah lagi. Jadi lupa deh sama dietnya, hehe ;-p

Nah...yang aku buat ini adalah resep praktisnya, yang aku dapat dari kakak iparku yang jago masak (masak apapun bisa dan enak). Buat yang gak bisa masak seperti aku ini juga bisa lho masaknya, alias gampang. Silahkan dicoba...

Bahan:
1 kg Ayam
Bawang bombay
Bawang putih
Saos Tomat
Saos Cabai
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Air secukupnya
Bawang goreng untuk garnish

Cara Membuat:
  1. Potong ayam menjadi 4 bagian.
  2. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis supaya tidak amis. Diamkan selama 30 menit.
  3. Rebus ayam hingga hampir matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian dagingnya disuwir-suwir. Sisihkan.
  4. Tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah diiris tipis-tipis sampai tercium bau harum.
  5. Masukkan ayam yang sudah disuwir.
  6. Masukkan saos tomat dan saos sambal.
  7. Tambahkan air secukupnya sampai dapat kekentalan yang diinginkan.
  8. Tambahkan garam dan gula secukupnya untuk menambah rasa gurih. (Aku tidak pakai penyedap rasa)
  9. Angkat dan matikan kompor apabila sudah matang.
  10. Beri taburan bawang goreng untuk menambah cita rasa.


Selamat mencoba!


No comments: