Pages

Sunday, June 10, 2012

Ombre Cake for Family's Gathering

Saya penasaran setelah membaca pada web NCC beberapa hari lalu selain Rainbow Cake ada juga yang namanya Ombre Cake. Wow...kue seperti apakah itu? Tanda tanya muncul di kepala. Saya search di google dan saya menemukan kue yang dimaksud. Kuenya cantik, berlayer seperti Rainbow Cake tetapi layernya lebih sedikit (kebanyakan 4 layer) dan warnanya bergradasi dengan satu macam warna (bebas memilih warna).

Size: diameter 22cm



Karena saya penasaran dengan Ombre Cake, maka saya membuatnya pada acara pertemuan keluarga besar hari Minggu lalu yang diadakan di rumah kakak sepupu saya di Kelapa Gading. Ketika saya membawa masuk kue tersebut ke dalam rumah, semua orang mengira kue itu adalah Rainbow Cake. Ketika saya menjelaskan bahwa kue itu bukan Rainbow Cake tetapi Ombre Cake, maka semuanya menjadi penasaran dan minta langsung dipotong.


Alhamdulillah...kuenya habis. Hanya sayang, saya kemarin kebanyakan memasukkan gula halus ke dalam adonan cream cheese frosting, jadinya terlalu manis. Sedih juga, tapi ya Alhamdulillah karena tetap banyak yang muji, hehe... :-D

Untuk basic cakenya, saya ambil dari Glorious Treats, yang kata empunya blog, resep ini sangat enak, dan memang enak.

Perfect Vanilla Cupcakes
Recipe by Glorious Treats 
Yields- 15-16 cupcakes

1 1/4 cups cake flour
1 1/4 teaspoons baking powder
1/2 teaspoon baking soda
1/2 teaspoon salt

2 eggs
3/4 cup sugar
1 1/2 teaspoons pure vanilla extract
1/2 cup oil (vegetable, canola or extra light olive oil)
1/2 cup buttermilk
(or 1/2 cup milk plus 1/2 teaspoon white vinegar or lemon juice- add acid to the milk then set aside for 5 minutes before using)

Directions:
* Preheat oven to 350*F.
* In a medium bowl, add cake flour, baking powder, baking soda and salt.  Stir together with whisk, and set aside.
* In the bowl of an electric mixer, add eggs and beat 10-20 seconds.  Add sugar and continue to beat on medium speed about 30 seconds.  Add vanilla and oil, beat.
* Reduce mixer speed to low and slowly add about half of the flour mixture.  Add half of the milk, then the rest of the flour and the rest of the milk.  Beat until just combined.  Scrap down the side of the bowl.  
* The batter will be thin.   Pour batter into a muffin pan prepared with paper liners.  Fill liners about 2/3 full. 
* Bake cupcakes in pre-heated oven for 12-14 minutes. 
* Cool in pan 1-2 minutes, then remove cupcakes from pan (carefully) and finish cooling on a wire rack.

Happy Baking!

Kalau malas bikinnya boleh pesan ke saya melalui email etalase.kaza@gmail.com atau sms ke 081314811145  :-)

No comments: