Pages

Friday, June 8, 2012

Green Tea Hokkaido Chiffon Cake


Setiap kali saya mau membuat chiffon cake, saya selalu takut, karena sudah 3 kali membuatnya gagal. Hahaha…tehniknya mungkin salah ya.

Masih penasaran juga dengan chiffon cake dan Alhamdulillah menemukan resep chiffon cake yang menggunakan papercup, yang selama ini menggunakan Loyang tulban selalu gagal. Kali ini saya membuat Hokkaido Chiffon Cake yang resepnya saya ambil dari blognya mbak Hesti. Membaca reviewnya, sepertinya resepnya patut dicoba.

Sempat deg-degan sewaktu membuatnya, takut bantet atau ambles. Sewaktu keluar dari oven, wow…bagus, adonannya kuenya naik, eh…gak berapa lama kemudian kok turun ya. Aarrgghh…pasti ada yang salah lagi. Sepertinya pada saat pengocokan telur terlalu kaku. Harusnya softpeak. Hikss… ;-(  Ya sudahlah (pasrah), saya lanjutkan dengan membuat isian vla.


Meski ambles, ternyata teksturnya tetap lembut dan enak. Kayla saja sampai menghabis 3 cups. Resepnya saya tambahi bubuk green tea (matcha) supaya lebih berasa. Kue ini juga dibawa suami buat bekal ke kantor keesokan harinya dan dibagi ke beberapa temannya. Kata suami, kuenya enak dan teman-teman kantornya juga suka. Alhamdulillah….
Nexttime mau coba lagi ^_^

Berikut resepnya:

Bahan Chiffon cake :
3 kuning telur
20 gr gula pasir
35 gr minyak jagung
60 gr susu cair
70 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt bubuk green tea/matcha (tambahan saya)
3 putih telur
25 gr gula pasir

Bahan Filling :
60 gr dairy whipping cream
10 gr gula pasir
1 sdt vla instant

Taburan :
gula halus/gula donat (saya pakai keju parut)

Cara membuat :
1.       Panaskan oven 170C. Siapkan cup liner di dalam loyang.
2.       Kocok kuning telur dan 20 gr gula pasir menggunakan whisk sampai pucat. Tambahkan minyak jagung dan susu cair. Aduk rata.
3.       Masukkan tepung dan bubuk matcha, aduk rata. Sisihkan.
4.       Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sampai berbusa. Masukkan sisa gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai soft peak.
5.       Ambil 1/3 adonan putih telur masukkan ke dalam adonan kuning telur, aduk balik sampai rata. Masukkan adonan kuning telur ke sisa adonan putih telur. Aduk balik sampai rata.
6.       Tuang di dalam cup liner sampai setinggi 3/4. Taburi keju parut di atasnya. Panggang selama sekitar 20-25 menit di rak tengah oven, atau hingga matang.
  
Vla : Kocok whipped cream sampai mengembang. Tambahkan vla instan. Aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag. Beri lubang. Tusuk bagian tengah kue yang sudah matang, lalu semprotkan vla sampai vla meluap keluar. Paling enak disajikan dalam keadaan dingin.



No comments: