Pages

Thursday, August 9, 2012

Heimama Egg Tarts

Aduhhh...tiba-tiba ngiler melihat pie ini di blognya mbak Hesti. Saya itu suka sekali dengan pie, terutama jika kulitnya garing dan renyah. Beberapa hari setelah melihat resepnya, saya langsung mencoba membuatnya. Menghilangkan penasaran sekaligus buat bekal Kayla ke sekolah PAUD.



Foto di atas ini adalah hasilnya. Not bad ya..., tapi masih jauh dari cantik seperti buatan mbak Hesti. Entah kenapa, saya tidak bisa menggiling adonannya. Adonannya lengket-lengket di gilingan. Setelah saya pikir beberapa kali, ternyata saya lupa memasukkan telur dalam adonannya plus lupa memasukkan tepung custard. Aduhhh...gini nih kalau buatnya buru-buru. Akhirnya saya tempel-tempel saja di loyangnya, hahaha...gak bener banget. Ya sudahlah gak apa, yang penting bisa dimakan dan enak lho. Filingnya lembut banget. Saya membawakan beberapa buat bekal Kayla ke sekolah saja habis tidak tersisa dimakannya.

Berikut resepnya...


Bahan  pie :
300 gr tepung terigu
2 sdm tepung custard
2 sdm susu bubuk
1 sdm gula halus
1 telur
200 gr salted butter, dingin

 Bahan filling custard :
120 gr  gula pasir
350 gr air
5 butir telur, kocok lepas
100 gr susu evaporated
 beberapa tetes vanila extract (optional, aku pake vanili bubuk)

 Cara membuat :
1.       Potong mentega dingin kecil kecil. Campur tepung terigu, tepung custard dan susu bubuk dan gula. Aduk rata. Masukkan mentega dan telur lalu gosok gosok dengan telapak tangan sampai menjadi adonan yang lembut (aku pake cara biasa) tapi jangan diuleni. Bungkus dalam cling wrap dan simpan dalam lemari es selama 15 menit.
2.       Siapkan bahan filling : panaskan air dan gula asal gula larut. Dinginkan. Kocok lepas telur, susu evaporated, vanila. Tambahkan ke dalam larutan gula. Saring 3x.
3.       Siapkan bahan kulit. Giling tipis lalu potong potong menggunakan cutter bulat. Tuangi bahan filling 90 % penuh.
4.       Panggang selama 20 menit dengan api 180C. Atau tergantung besar kecil cetakan pienya. Semakin besar kecil semakin cepat matangnya.


No comments: