Thursday, August 23, 2012

Rainbow Cake for Lebaran 1433H

Mengingat permintaan Rainbow Cake cukup tinggi dari para sesepuh dan ponakan-ponakan, maka Lebaran 1433 H ini saya membuat Rainbow Cake ^_^ . Kali ini saya menggunakan resep Rainbow Cake ala Indonesian. Saya menyebutnya begitu karena Rainbow Cake yang biasa dibuat oleh teman-teman bakul kue menggunakan resep sponge cake, yang notabene menggunakan banyak telur, baik putih maupun kuning telur.  Kira-kira sekilo telur  :-) . Sementara kalau ala orang Bule (hihi maaf ya menyebutnya begitu), banyak menggunakan versi aslinya, yaitu hanya menggunakan putih telurnya saja, itupun tak banyak. Tapi dalam pengerjaannya versi ini lebih mudah dan insya Allah gak pake bantet (lihat resep Super Epic Rainbow Cake).

Karena saya orang Indonesia, maka lidah saya lebih cocok dengan versi sponge cake. Resepnya saya dapat dari blognya mbak Rina Rinso tapi sudah saya modif menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Rasanya enak, makanya begitu disajikan di hari pertama lebaran, langsung habis diserbu. Alhamdulillah...
Kalau kata suami rasanya sekilas mirip bolu gulung miranti yang enak dan terkenal itu. Hehe..mungkin karena ada keju parut pada tiap lapisan cake-nya ^_^


Buat yang tertarik, silahkan dicoba resepnya. Tapi kalo males bikin sendiri, boleh lho pesen disini ^_^


Bahan :
20 kuning telur
10 putih telur
300 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
200 gr tepung terigu
2 sdm maizena
2 sdm susu bubuk
1 sdt vanila
300 gr mentega, dicairkan
2 sdm susu kental manis
pewarna me-ji-ku-hi-bi-u (saya pakai merk diva cross)

Cara membuat :
1.           Siapkan 6 buah loyang kotak ukuran 20x20, beri alas kertas roti dan olesi mentega. Panaskan oven.
2.           Kocok telur, gula dan emulsifier sampai kental dan putih.
3.           Masukkan bahan kering secara bertahap sambil diaduk balik, kemudian masukkan mentega cair sambil diaduk balik.
4.           Bagi adonan menjadi 6 bagian yang sama, kemudian beri warna dan tuang ke dalam loyang.
5.           Ovan dengan suhu 180 derajat selama 15 menit hingga matang. Untuk memastikan bisa di lakukan tes tusuk.

Filling & Topping:
200 gr whippy cream bubuk
400 gr air dingin
--> Kocok whippy cream dan air dingin hingga mengembang.

150 gr keju parut
Trimit/Springkle secukupnya

Penyelesaian:
1.       Susun cake mulai warna ungu paling bawah, kemudian biru, hijau, kuning, orange, dan terakhir merah.
2.       Tiap lapisan cake oles tipis dengan whip cream kocok dan taburi dengan keju parut. Pada bagian paling atas cake, olesi whip cream kocok  agak tebal, kemudian taburi trimit/springkle.
3.       Sajikan.

Note: Saya melakukan 3 kali pengocokan, karena ovennya imut-imut, hehe...


--------------

No comments: