Sunday, November 18, 2012

Roti Sobek isi Daging

Sebenarnya saya masih capek setelah pulang dari Bandung, long weekend di rumah mbah + selamatan 7 hari wafatnya mbah Kakung. Tapi mengingat selama di rumah mbah si kecil Kayla susah sekali makan, sejak pukul 8 pagi hari Minggu lalu saya bela-belain membuat roti. Kayla memang menyukai roti.

Resep adonan rotinya saya lihat dari blognya mbak Hesti HH. Thanks atas sharingnya mbak ^_^ . Hanya saja saya mengganti tepung terigu protein rendah dengan tepung ubi ungu karena kebetulan hanya itu yang ada stocknya. Tapi jangan khawatir, rasa tetap enak lho :-)


Ada 2 macam roti yang saya buat, roti sobek isi daging dan carterpillar bread. Tapi yang carterpillar bread belum sempat difoto, keburu dimakan oleh Kayla dan papanya begitu keluar dari oven. Hehe...udah gak sabar.
Nah...untuk roti sobek isi daging, toppingnya ada 2 macam, ada yang ditaburi oregano saja, ada yang ditaburi keju parut. Kayla dan papanya juga melahap roti ini ketika masih hangat. Sepertinya pada kelaparan, hehehe. Silahkan dicoba bagi yang tertarik :-)


Roti Sobek isi Daging


Bahan Roti:
400 gr tepung terigu tinggi
200 gr tepung ubi ungu
2 sdm susu bubuk
120 gr gula
3 btr kuning telur
75 gr margarine
1 sdt garam
1 sachet ragi
300 ml air hangat

Bahan isi:
250 gr daging sapi giling
1 bh bawang Bombay
3 siung bawang putih
2 bh tomat, blender
2 sdm saus tomat
Garam, gula, dan merica secukupnya
-->Tumis semuanya sampai sampai agak kering.

Keju mozarella

Topping:
Oregano
Keju parut

Cara membuat:
1.       Masukkan ragi instant ke dalam 150 ml air hangat. Tambahkan ½ sdt gula pasir, aduk rata dan biarkan selama 15 menit.
2.       Campur semua bahan kering seperti tepung terigu, tepung ubi ungu, gula, susu bubuk ke dalam wadah. Aduk rata.
3.       Masukkan kuning telur lalu mulai mengocok menggunakan mixer spiral. Turunkan sisa air 150 ml dan cairan ragi sambil terus dimixer sampai adonan agak rata. Masukkan garam dan mentega sambil terus dikocok sampai elastis.
4.       Fermentasikan selama kurang lebih 1 jam dengan ditutup kain lembab dan diletakkan di tempat yang bersuasana hangat.
5.       Setelah mengembang 2 kali lipat, kempeskan adonan.  Timbang adonan masing-masing 50 gr.
6.       Giling adonan, isi dengan daging cincang dan keju mozarella, susun di Loyang brownies yang sudah diolesi mentega.
7.       Fermentasikan kembali selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali lipat.
8.       Setelah mengembang, sewaktu mau dipanggang, olesi dengan kocokan kuning telur dan taburi dengan oregano atau keju parut.
9.       Panggang kurang lebih 15 menit.

Ohya, roti ini juga diikutkan ke ajang NCC Breadweek. Dan Alhamdulillah dapat badgenya :-)


 -----------------------

2 comments:

naryo nugroho said...

mantapsky Mba, jadi pingin cobain..hehehe..

Neng Ella said...

Ayo dicoba. Gampang kok dan insya Allah enak ^_^