Tuesday, February 12, 2013

Bolu Durian

Stock durian monthong di lemari es tinggal 5 biji. Saya tidak terlalu suka durian karena saya takut tekanan darahnya naik. Suami dan anak juga tidak terlalu suka. 2 Minggu lalu Eyang Putri datang ke rumah sambil membawa 1 buah durian monthong untuk dimakan rame-rame. Tahu sendiri kan kalau durian monthong dagingnya banyak. Berhubung di rumah gak terlalu suka durian dan Eyang Putri dan Eyang Kakung  kekenyangan, akhirnya sisa 5 biji disimpan di lemari es. Ternyata sampai 2 minggu berlalu gak ada yang menyentuh durian ini.


Okelah...daripada mubazir, saya mencoba resep Bolu Durian-nya NCC. Setelah dikeluarkan isinya dan ditimbang daging duriannya, wow...pas banget beratnya dengan resep. Sipp.



Ketika sedang dipanggang, pas mau matang, perpaduan aroma bolu + durian begitu menggoda. Wuihh sedap. Saking gak sabarnya, setelah matang, masih panas-panas udah dipotong aja, hahaha...
Hasilnya lumayan banyak buat dibagi-bagi, di kantor saya, di kantor suami, tetangga, dan keluarga tante saya. Alhamdulillah...banyak yang suka dan habis. Senengnya jadi gak mubazir :-)

Berikut resepnya...



Bahan:
250 gr   mentega
250 gr   gula pasir
6 btr      telur utuh
250 gr   tepung terigu
1 sdt     baking powder
1 sdt     soda kue
250 gr   daging durian, haluskan.

Cara membuatnya:
1.       Kocok mentega dan gula hingga mengembang pucat, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok hingga tercampur rata.
2.       Ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue, masukkan kedalam adonan mentega, aduk rata.
3.       Masukkan daging durian halus, aduk rata. tuang adonan kedalam loyang tulban. Panggang dalam oven selama 45 menit, hingga matang.


Selamat mencoba!
-----------------------------------------------------------

No comments: