Pages

Wednesday, March 27, 2013

Getas Ketan Item

Ini adalah laporan kedua jajanan tradisional. Getas Ketan Item termasuk salah satu jajanan kesukaan saya dan suami semasa kecil (sekarang juga masih suka ^_^). Ternyata bikinnya tidak sulit. Getas ini rasanya hampir mirip dengan gemblong, bedanya ini dilapisi gula putih, sementara gemblong dilapisi gula merah. Resep getas ini saya dapat dari buku masakan alm. Mama saya.  Ohya, karena saya ingin si kecil tertarik memakannya, getas ini saya bentuk bunga :-)
 
Bahan:
150 gr tepung ketan item
100 gr kelapa parut
100 cc santan kental
½ sdt garam
 
Lapisan:
100 gr gula
50 cc air
 
Cara Membuat:
1.       Campur tepung ketan item, kelapa parut, dan garam hingga rata.
2.       Masukkan santan kental sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk.
3.       Goreng adonan yang telah dibentuk sampai matang. Sisihkan dan dinginkan.
4.       Rebus air dan gula pasir, aduk hingga menyatu.
5.       Masukkan semua getas ke dalam rebusan air gula, aduk-aduk hingga susut air gulanya. Dinginkan.
6.       Getas ketan item siap disajikan.
 
 
Salam Jajanan Tradisional Indonesia !

No comments: