Friday, June 7, 2013

Red Velvet Brownies (Gluten Free)



Nyobain resep baru, Red Velvet Browniesnya mbak Rachmah Setyawati. Penasaran karena beberapa komentar mengatakan brownies ini enak sekali. Dan ternyata benar saudara-saudara, Red Velvet Browniesnya enak banget. Cobain deh ^_^

Seperti biasa, berhubung saya tidak suka kue yang manis, gulanya saya kurangi sampai setengah. Apakah nanti tidak manis? Oh tentu tidak, brownies ini masih tetap manis meski gulanya dikurangi banyak karena resep ini menggunakan DCC/Dark Cooking Chocolate dan WCC/White Chocolate cukup banyak, sehingga rasa manisnya sudah didapat dari situ juga. Selain itu, tepung terigunya saya ganti dengan tepung mocaf. Don’t worry, rasa tetap ueenakkk….



RED VELVET BROWNIES

Bahan:
200 gr Mentega tawar
75 gr DCC
150 gr WCC
Lelehkan kedua bahan diatas, sisihkan

4 butir telur ayam utuh
315 gr Gula Pasir (ella: 150 gr)
160 gr Tepung Terigu (ella: tepung mocaf)
20 gr Susu Bubuk
20 gr Chocolate Bubuk

40 cc susu cair + pewarna merah (ella: 1 sdt pasta red velvet)
 aduk rata, didihkan hingga surut sekitar 25-30 cc saja

2 sdm Cheese Cream, suhu ruang, lunakkan. (ella: 4 sdm)
Almond iris.

Cara Membuat:
1.       Panaskan oven hingga 170-175 derajat celcius.

2.       Kocok telur + gula pasir, hingga gula larut mengembang saja, (jangan terlalu mengembang 2x lipatnya), masukkan mentega dan coklat cair, kocok dgn speed rendah asal tercampur rata aja, masukkan air buah bit, kocok rata, setelah itu masukkan bahan kering (tepung, susu dan coklat bubuk diayak) kocok speed rendah merata. Matikan mixer, diamkan sejenak kurang lebih 2-3 menit. Barulah tuang adonan ke dalam loyang yg sudah dialasi kertas roti, 1 bh ukuran 22X22X4 cm.

3.       Ambil 4 sdm adonan campur dengan cheese cream merata, taruh dlm pipping bag, semprotkan diatas adonan yg sdh dituang dlm loyang, menyilang diagonal, lalu bentuk motif batik dengan bantuan tusuk sate/tusuk gigi. Terakhir taburkan almondnya merata.

4.       Panggang hingga matang, sekitar 35-45menit.

No comments: