Tuesday, January 21, 2014

Double Chocolate Chip Muffins

Beberapa kali lihat postingan teman-teman di grup NCC, membuat saya tergerak untuk mencoba salah satu resep dari Bunda Mache Yufrita Noge yang menurut teman-teman rasanya enak dan mudah membuatnya. Saya sudah membeli bahan-bahannya sejak hari Minggu lalu, tapi baru hari ini saya membuatnya.

Pagi-pagi sebelum berangkat kerja, saya mulai membuat. Menakar bahan dan mengayak tepung. Terus terang saya sangat malas mengayak tepung, tapi untuk resep Bunda Mache ini saya harus mengayak tepung sampai dua kali, karena kalau tidak hasilnya tidak bagus (berdasarkan pengalaman beberapa teman yang sudah mencobanya). Kebetulan si kecil sedang tidak masuk sekolah karena badannya agak demam dan susah makan. Ketika saya membuat kue, dia senang sekali.
 Buat yang mau mencoba, mariii. Rasanya enak lho dan lembut, mudah lagi membuatnya, gak pakai mixer :-) . Terima kasih Bunda Mache yang sudah berbagi resep :-)

Bahan:
255 gram tepung terigu protein sedang
4 sdm coklat bubuk
2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt garam
Sedikit vanili
1 butir telur
150 gr gula pasir butiran halus
120 ml plain yogurt
150 ml susu segar
90 ml minyak sayur
100 gram choco chip

Cara Membuat:
1.       Siapkan loyang muffin dan isi dg paper cup.
2.       Panaskan oven dg suhu 190'C
3.       Siapkan baskom yg besar, ayak tepung, coklat bubuk, baking powder, baking soda dan garam kedalamnya selama 2 kali. Lalu buatkan lubang ditengah2 dan sisihkan.
4.       Dalam wadah lain, kocok telur dengan garpu, masukkan gula, yogurt, susu, minyak dan vanili. Aduk rata.
5.       Masukkan campuran telur ke campuran tepung "ditengah2 yg ada lubangnya" lalu aduk secara perlahan tetapi tidak boleh terlalu lama dan kencang ngaduknya agar muffinnya bisa ngembang sempurna. Ngaduknya tidak boleh lebih dari 30 detik. Kalo ada yg masih bergerindil, biarkan saja yang penting adonannya tidak misah antara campuran telur dan tepung.
6.       Campur sebagian choco chip
7.       Segera isi ke cetakan muffin 3/4 penuhnya. Beri choco chip diatasnya.
8.       Masukkan oven dan bakar selama 20 menit atau samapi matang (lakukan tes tusuk untuk mengecek kematangannya).
9.       Keluarkan dari cetakan muffin dan letakkan diatas cooling rack hingga dingin.

Untuk 12buah

No comments: