Wednesday, May 30, 2012

Bahan-Bahan Sehat Untuk Adonan Kue


Pengganti telur
Telur berfungsi memberikan tekstur yang ringan dan mengikat adonan. Bagaimanapun juga, tiap butir telur mengandung 75 kkal kalori, 5 gram lemak, dan tinggi kolesterol. Untungnya, ada bahan-bahan yang dapat mengganti fungsi telur ini:
·         Puree apel tanpa gula: Selain berguna menggantikan mentega, puree apel juga memiliki sifat seperti telur dalam adonan. Masukkan ¼ cup puree apel untuk menggantikan 1 butir telur dalam adonan brownies, cake, dan quick bread. Andapun dapat mengurangi 50 kkal kalori dan 5 gram lemak.

·         Cuka dan baking soda: Per butir telur setara dengan 1 sendok teh baking soda yang dicampur dengan 1 sendok makan cuka apel. Reaksi kimia yang dihasilkan membuat adonan mengembang dan teksturnya menjadi ringan.

·         Flaxseed bubuk: 1 sendok makan flaxseed bubuk yang kaya omega 3 dan serat ternyata bisa menggantikan 1 butir telur jika dicampur dengan 3 sendok makan air. Setelah diblender, campuran ini akan menjadi kental, creamy, dan terasa seperti kacang. Gunakan dalam adonan pancake, wafel, muffin, carrot cake, dan oatmeal cookie. Sebanyak 10 kkal kalori dan 1 gram lemak pun bisa dibuang dibanding menggunakan telur.

·         Pisang halus: ½ cup pisang tumbuk setara dengan 1 butir telur, namun lebih rendah 10 kkal kalori dan 5 gram lemak dibanding telur. Selain untuk mengikat adonan, pisang juga dapat menambah rasa manis.

·         Tofu sutera: Tofu sutera yang dikocok atau dibuat pure bisa digunakan untuk membuat cake, brownies, dan custard. Ganti 1 butir telur dengan ¼ cup tofu sutera halus, dan bisa memangkas 37 kkal kalori dan 2 gram lemak.

Pengganti Gula Pasir
Gula tidak hanya membuat kue menjadi manis, tapi juga mencegah gluten terbentuk sehingga kue menjadi lebih lembut. Namun, kalori yang tinggi dan ancaman bagi kadar gula darah membuat gula kadang menjadi momok. Cobalah penggantinya:
·         Truvia: Bahan pemanis ini berasal dari sumber alami, yaitu daun stevia. Rasa dan teksturnya mirip gula pasir, namun bebas kalori.

·         Nektar agave: Bentuknya cair, asalnya dari tanaman agave. Selain alami, nectar agave juga cukup aman bagi kadar gula darah.

·         Molasses: Ganti setengah jumlah gula yang diperlukan dengan molasses. 1 cup gula setara dengan 1 1/3 cup molasses.

·         Madu: Karena madu lebih manis daripada gula, pakailah perbandingan 1 cup gula = ¾ cup + 1 sendok makan madu.

Pengganti mentega
Mentega membuat kue jadi gurih dan lembut, namun memiliki 1,627 kkal kalori dan 184 gram lemak per cup. Cobalah ganti dengan bahan berikut:
·         Cream cheese: Tukar sebagian atau seluruh mentega dalam resep dengan cream cheese rendah lemak. Teksturnya mirip mentega, namun kalorinya lebih rendah. Per satu sendok makan, mentega biasa mengandung 100 kkal kalori dan 11 gram lemak, sementara cream cheese rendah lemak hanya mengandung 30 kkal kalori dan 2 gram lemak.

·         Greek yogurt: Yogurt ini punya banyak kelebihan. Berbeda dengan yogurt biasa yang lebih cair, Greek yogurt lebih creamy dan kental. Makanya yogurt tanpa whey ini dapat dijadikan pengganti mentega. Apalagi selain rendah lemak, Greek yogurt juga rendah gula dan karbohidrat namun tinggi protein.

·         Pure apel tanpa gula: Biasa disebut unsweetened applesauce. Sisihkan ½ jumlah mentega yang dibutuhkan, lalu ganti dengan puree apel. Cocok untuk membuat cake. Bisa memangkas kalori hingga 1,550 kkal dan lemak hingga 184 gram.

·         Pure labu kuning tanpa gula: Bisa digunakan untuk quick bread, spice bread, muffin, cake, pancake, dan brownies. Cara penggunaannya sama seperti puree apel. Jumlah kalori dan lemak yang dipotong adalah 1,500 kkal dan 184 gram.

·         Pure prune: Gunakan mentega sebagian saja dan tambahkan puree prune sebagai gantinya. Pure ini cocok untuk kue cokelat, brownies, gingerbread, dan kue beraroma rempah-rempah. Kalori dan lemaknya 1,365 kkal dan 184 gram lebih rendah dibanding mentega biasa.

·         Pisang halus: 1 cup pisang tumbuk dapat dijadikan alternatif 2 cup minyak. Teksturnya yang padat tidak cocok untuk kue bertekstur ringan dan halus. Rasanya juga kurang enak jika dipadankan dengan citrus dan berry. Pisang halus paling sesuai untuk resep quick bread, coffee cake, dan pancake.

(source: www.detik.com)

No comments: