Sunday, October 7, 2012

Loaf Bread (Water Roux Method)

Roti lagi...roti lagi..., kali ini roti tanpa telur (eggless bread). Hasilnya...kurang lembut dan cenderung kering, padahal roti ini menggunakan metode tanzhong. Tapi tetep enak kok, hehe...
Saya sengaja membuat roti untuk bekal Papa Kayla selama dalam perjalanan keluar kota hari ini dan bekal Kayla sekolah esok hari. 


Karena adonan roti sangat banyak, ada 5 varians yang saya buat, yaitu roti isi daging, roti isi sosis, roti isi coklat, cinnamon roll bread, dan cheese roll bread. Biar gak bosen juga ;-p

Ohya, resep ini saya dapat dari blog walking ke blognya mbak Hesti. Thanks mbak Hesti. She is my inspiration to make bread. Tapi buatan saya gak sebagus buatan mbak Hesti. Mungkin karena saya orangnya gak sabaran, maunya cepet jadi, hehe...

Berikut resepnya tapi resep dibawah ini sudah saya modif ukurannya sesuai dengan yang saya mau ^_^.


Bahan Water Roux/ Tangzhong Starter :
100 gr tepung terigu protein tinggi
500 ml air

Bahan roti
(A) :
240 gr water roux starter
220 ml air/susu cair (aku pake susu cair)
110 gr gula pasir
10 gr garam

(B) :
500 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr tepung terigu protein sedang
15 gr susu bubuk
11 gr ragi instan

(C) :
60 gr butter

Bahan isi:
Keju, coklat, daging cincang, dll.

Cara membuat :
Water roux :
Dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental seperti di gambar. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.

Roti :
1.       Tuang semua bahan kering kecuali butter ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux dan air ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan butter lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
2.       Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sekitar 45 menit. Bagi adonan masing-masing 50 gram. Kemudian bentuk sesuai dengan yang kita mau.
3.       Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Oles dengan telur atau susu evaporated lalu panggang sekitar sekitar 15 sampai 20 menit. Semuanya dengan api 180 C.


No comments: