Monday, September 24, 2012

Carrot Cake

Ini kali kedua bikin Carrot Cake dan rasanya lebih enak dari yang pertama. Saya tidak memotret bikinan yang pertama dan kebetulan waktu itu belum punya blog. Pada resep yang kedua ini, bau langu dari wortel tidak terasa. Mungkin karena itulah Kayla sangat suka, bahkan ia menghabiskan 3 potong kue ketika kue ini masih hangat-hangatnya. Sebenarnya ia doyan atau lapar ya, hehe.

Menurut saya, kue ini memang sangat enak. Kalau tidak ingat harus diet, sepotong saja rasanya tidak cukup. Selain itu, menurut saya, cake ini bisa sebagai alternatif panganan buat anak-anak yang susah makan sayur. Sesekali bolehlah, asal jangan keseringan. Hehe takut kegendutan ;-p

Resep ini saya dapat dari blognya mbak Endang, tetapi sudah saya modifikasi menyesuaikan bahan yang ada. Terima kasih atas sharingnya. It's really delicious.

Bagi yang tertarik, silahkan mencoba resep yang sudah saya modifikasi dibawah ini. Atau kalau mau versi mbak Endang bisa klik disini.

Bahan:
4 butir telur
300 ml minyak sayur
100 gram cream cheese
100 gram gula palem
100 gram gula pasir
2 sendok teh vanilla ekstrak
300 gram tepung terigu protein rendah
1 sdt baking soda
2 sdt baking powder
1 sdt garam
2 sendok teh kayu manis bubuk
330 gram wortel parut

Cara Membuat:
1.       Panaskan oven di suhu 175’ C. Siapkan Loyang ukuran 24x24 cm. Olesi mentega dan tepung hingga rata. Sisihkan.
2.       Di mangkuk besar campur bahan kering (tepung, baking powder, garam, kayu manis bubuk) hingga rata. Sisihkan.
3.       Di mangkuk mixer, kocok cream cheese hingga lembut, masukkan telur, mentega cair, gula dan vanila, terus kocok dengan menggunakan mixer kecepatan rendah hingga lembut.   Masukkan bahan kering (campuran tepung). Matikan mixer, aduk adonan dengan spatula perlahan hingga adonan tercampur rata.
4.       Masukkan wortel parut. Kemudian tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan.
5.       Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama minimal 50 menit atau hingga adonan tidak menempel bila lidi kita tusukkan di tengah-tengah adonan.
6.       Biarkan dingin selama 10 menit. Keluarkan dari loyang dan biarkan dingin sempurna di rak kawat.

Cake siap disantap.

No comments: