Monday, October 21, 2013

Bluder Tape

Tiba-tiba saya kepengen makan peyeum gara-gara kakak ipar bilang mau ke Purwakarta untuk cari peyeum sepulang dari rumah mertua di Bandung. Cukup 2 kg saja saya beli karena takut gak habis. Sementara kakak ipar beli 10 kg karena beliau kebetulan ada pesanan cake. Hehe kami sama-sama bakul kue.

Jumat lalu, saya menemani teman saya ke toko kue untuk mengambil pesanannya. Ketika di sana, saya melihat ada bluder. Saya membelinya untuk oleh-oleh si kecil di rumah. Dan rasanya...duh enak banget. Itulah kenapa saya membuat Bluder Tape hari Minggu lalu mengingat di rumah ada peyeum.

Ngomong-ngomong tentang bluder. Ini adalah perpaduan antara bolu dan roti karena dalam proses pembuatannya menggunakan ragi. Untuk hasilnya, teksturnya lembut dan baunya wangi. Enak deh.

Resepnya dari mbak Hesti, saya modif dikit saja. Bikinnya juga gampang, gak pake ngulenin, hehe. Yuk dicoba, dijamin ketagihan ^_^


Bahan biang:
1 sdt ragi instant
1/4 sdt gula pasir
50 ml air hangat

Bahan:
225 gram margarine
180 gula pasir halus
5 butir telur
200 gram peyeum/tape singkong, haluskan (plus 2 sdm susu kental manis)
250 gram tepung terigu protein sedang
2 sdt baking powder
50 gram santan kental instant

Taburan:
Kismis
Keju Parut

Cara membuat:
1.       Aduk rata bahan biang, diamkan 15 menit.
2.       Kocok margarin dan gula pasir sampai lembut.
3.       Masukkan tape, kocok rata (speed 1).
4.       Tambahkan telur satu persatu, bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
5.       Masukan biang, kocok rata.
6.       Tambahkan sisa terigu dan baking powder bergantian dengan santan, kocok rata.
7.       Tuang ke dalam 2 loyang 20x10cm dengan tinggi 7cm yg dioles margarine dan dilapisi kertas roti. Bisa juga dituang dalam paper cup. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
8.       Taburi kismis dan keju parut.
9.       Panggang kurang lebih 50 menit dengan suhu 180 derajat Celsius, atau hingga matang. 
-------------------------------------------------------------

No comments: