Pages

Tuesday, October 29, 2013

Potato Bread

Gara-gara lihat postingannya mbak Ricke tentang Potato Buns, mumpung ada stock kentang, langsung deh eksekusi bikin. Hihihi. Pas banget, sudah agak lama saya tidak membuat roti. Terus terang saya paling malas nunggu proofing yang cukup memakan waktu, alias lama. Trus ditambah ngulenin yang menguras tenaga, hahaha.

Di rumah, semua suka roti, karena roti itu paling oke buat bekal ke sekolah dan kantor. Insyaa Allah habis cepat :-)  . Kembali ke Potato Bread, saya lebih suka menyebutnya begitu, hasilnya enak dan lembut. Rasa kentangnya cukup terasa, ya saya memang menambahkan kentangnya lagi dari resepnya mbak Ricke.

Ohya, pada saat proofing, adonan mengembang dengan baik. Menul-menul menggoda. Saya sampai tidak sabar pingin segera memakannya, haha. Padahal itu gak sampai elastis lho nguleninnya. Saya gak kuat. Karena buat makan sendiri ya sekuatnya aja. Seperti biasa, begitu matang, saya potret-potret dulu. Tapi satu sudah dicomot sama suami karena sudah tidak sabar ingin mencicipi. "Enak ma", begitu kata suami. Alhamdulillah. Kemudian saya posting hasil potretan saya di BB, ternyata ada yang langsung mau pesan. Alhamdulillah, hihi...saya belum pernah jualan roti, bingung jadinya.

Dicoba yuk.....

Potato Bread
modified by Mama Kayla

Bahan A :
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein rendah
7 gr ragi instan
75 gr gula pasir
10 gr susu bubuk full cream

Bahan B :
2 kuning telur
50 ml susu cair dingin (bisa diganti dengan air es)

Bahan C :
200 gr kentang kukus, haluskan
35 gr margarin / butter
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla susu

Bahan Isian:
Coklat masak, cincang kasar
Keju Parut

Bahan Olesan :
1 kuning telur + 1 sdm susu cair

Cara Membuat :
1.       Campur bahan A jadi satu, aduk rata. Masukkan bahan B, diawali dengan kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga kalis.
2.       Masukkan bahan C, uleni kembali. Adonan akan menjadi lengket karena penambahan kentang. Uleni hingga kalis dan mulus.
3.       Pindahkan adonan ke meja yang sudah ditaburi terigu, uleni kembali sebentar dengan gerakan seperti mencuci baju. Jika terasa lengket bisa ditambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis elastis.
4.       Bulatkan adonan, letakkan di wadah yang sudah dioles minyak dant tutup dengan serbet bersih yang lembab. Istirahatkan hingga mengembang 2x lipat, kurang lebih selama 45-60 menit (proofing 1).
5.       Setelah mengembang, kempiskan adonan, uleni kembali sebentar hingga adonan lentur kembali.
6.       Timbang adonan (untuk roti sobek kira-kira @50 gr) dan bentuk bulat. Simpan di loyang yang sudah dioles margarin. Istirahatkan kembali selama 10-15 menit (proofing 2).
7.       Beri isian secukupnya, tata kembali dalam loyang dan istirahatkan kembali selama 30-45 menit (proofing 3).
8.       Panaskan oven 200'C, sesaat sebelum dioven olesi adonan dengan bahan olesan. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit hingga permukaannya kecoklatan.
9.       Angkat dan keluarkan dari oven. Panas-panas beri olesan butter/margarin.

No comments: