Thursday, November 6, 2014

Jamie Oliver’s Pumpkin Pie

Sebenarnya pie ini sudah lama dibuatnya, tapi males banget upload ke blog :-( . Ya…ini masih dalam rangka menghabiskan labu kuning, saya membuat pie. Sudah lama ngincer resep ini untuk dibuat, cuma…lagi lagi malas, maklum waktu itu sedang berbadan dua.

Aduh…rasa malas itu beneran deh. Lihat di foto, bentuk crustnya gak karuan, hahaha. Tapi jangan nanya soal rasa ya. Enakkk… 
Resepnya saya dapat dari blognya mbak Isna. Terima kasih ya mbak. Yukk buat yang mau varian filling lain dari pie. Yang ini patut dicoba ^_^

Jamie Oliver’s Pumpkin Pie

Bahan kulit pie :
·         250 gr tepung protein tinggi
·         50 gr gula halus
·         150 gr mentega, dinginkan lalu potong-potong
·         1 butir telur, kocok lepas
·         1/4 sdt garam
·         1-2 sdm susu uht dingin

Bahan filling :
·         250 gr labu kuning
·         250 ml susu cair 
·         100 gr gula pasir
·         1 vanili pod, keruk isinya, bisa juga diganti dengan vanili bubuk
·         1 butir telur

Cara membuat :
1.       Kulit : Campur terigu, gula halus dan garam, aduk rata. Masukan mentega dingin, aduk dengan ujung-ujung jari atau menggunakan pisau pastri sampai berbentuk remahan. Tuang telur dan 1 sendok susu, aduk dengan sendok kayu sampai adonan menggumpal dan  tercampur rata.Bungkus dengan plastik wrap, simpan dalam kulkas selama 30 menit.
2.       Keluarkan adonan kulit, giling tipis kira-kira setengah senti lalu cetek dalam loyang pie (saya pakai loyang diameter 18 cm dan 3 buah loyang pie ukuran kecil). Tusuk-tusuk dengan garpu lalu simpan lagi dalam kulkas selama 30 menit.
3.       Filling : Campur jadi satu dalam panci, labu kuning, susu cair, gula pasir dan vanili masak dengan api sedang sambil diaduk sampai mendidih. Tutup panci jangan terlalu rapat, masak sampai labu benar-benar matang dan air nya menyusut. Angkat, dinginkan lalu blender sampai halus. Sisihkan.
4.       Sambil menunggu adonan filling dingin, Panggang kulit pie selama 10 menit atau sampai setengah matang. Jangan lupa alasi dasar kulit pie dengan kertas roti dan beri pemberat, bisa dengan kacang-kacangan agar ketika dipanggang dasar kulit tidak menggelembung. Ambil kertas roti dan pemberatnya panggang lagi selama 5 menit. Angkat, sisihkan.
5.       Kocok telur lalu tuang kedalan adonan filling yang sudah dingin, aduk menggunakan wish sampai tercampur.
6.       Tuang diatas kulit pie lalu panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan filling mengeras di bagian pinggirnya dan lembek di bagian tengah.

7.       Angkat, biarkan dingin sampai filling terlihat set. Potong dan sajikan.

No comments: