Friday, November 7, 2014

Homemade Mie Telor Sawi Hijau

Kayla akhir-akhir ini sulit makan. Makan nasi aja gak mau, boro-boro makan sayur. Mengingat dia suka sekali mie, maka kemarin saya membuat mie telor sawi ijo. Biar ada unsur sayurnya gitu . Alhamdulillah dia suka . Ini adalah kali pertama saya membuat mie sendiri. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Mbak Nina makasih ya udah sharing resep. Saya adalah penggemar berat mbak Nina, hehe. Jadi jangan kaget kalau disini resep-resepnya banyak didapat dari blog mbak Nina ^_^ . Oh ya, kembali ke mie, menurut saya mienya enak, kenyalnya pas. Saya membuat mie ayam dari homemade mie tersebut, dan Alhamdulillah langsung habis, hehe, karena kebetulan ada tante dan anak-anak beliau yang main ke rumah saya.

Nexttime pengen bikin pake buah bit.

Homemade Mie Telor Sawi Ijo

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm garam halus
2 sdm tepung sagu
3 butir telur ayam (bisa juga pakai telur bebek)
200 gr sawi hijau --> blender dengan sedikit air (kira-kira 150 ml), ambil sarinya kurang lebih 100-150 ml

Cara Membuat :
1.       Dalam sebuah wadah campur terigu dan garam. Aduk hingga rata.
2.       Tambahkan tepung sagu, aduk kembali hingga tercampur rata.
3.       Ambil sari sawi hijau (aku pakai 150 ml), masukkan telur ke dalam sari sawi hijai kemudian aduk hingga rata.
4.       Tuang campuran sari sawi hijau sedikit demi sedikit ke campuran tepung sambil uleni hingga rata dan kalis. Tambahkan sari sawinya bila adonan dirasa masih kering.
5.       Masukkan adonan ke dalam gilingan pasta/mie. Giling dengan nomer yang besar terlebih dahulu hingga halus. Sesekali beri tepung sagu agar tidak lengket.
6.       Kecilkan nomer gilingan hingga ketebalan yang diinginkan.
7.       Cetak mie sesuai selera, bisa bentuk pipih ataupun bulat.
8.       Adonan mie siap digunakan.

No comments: