Pages

Thursday, September 19, 2013

Cake Bayam Keju

Kadang-kadang mengakali anak supaya mau makan sayur adalah dengan mencampurkannya pada adonan cake. Kali ini, saya mencoba mencampurkan sayur bayam. Nah, untuk menghilangkan langu bayam, ada cream cheese. Alhamdulillah, si kecil suka sekali kue ini. Bahkan ketika dibuat bekal ke sekolah, si kecil minta dibekalkan agak banyak, hihi. Saya mengatakan kue ini adalah Popeye Cake kepada si kecil. She is so happy karena yang dia tahu tokoh popeye ini kuat sekali. Hehe...

Ohya, ini gluten free karena menggunakan tepung beras juga tanpa emulsifier, baking soda, dan baking powder. Terima kasih kepada Ummu Fatima yang sudah berbagi resep ini. Tetapi saya menggunakan sedikit cara yang agak berbeda dengan Ummu Fatima yaitu sayur bayam, minyak sayur, dan cream cheese, saya blender menggunakan food processor menjadi satu sehingga masih bertekstur bayamnya (kasar, tidak halus), itu karena saya malas menunggu cream cheese sampai suhu ruangan (baru keluar dari lemari es), ya sudah diblender jadi satu saja, hehe. Maka warna hijau dari bayamnya kurang kelihatan.

Alhamdulillah rasanya enak meski agak kering. Tapi mostly enakkk, si kecil aja suka banget :-)
Bahan-bahan :
3 butir telur
125 gr tepung beras
25 gr tepung maizena
100 gr gula pasir
100 ml minyak sayur
150 gr daun bayam, yang sudah dipotong2, dan dicuci bersih (tanpa tangkainya)
60 gr creamcheese (bisa pakai keju cheddar parut)

Cara membuat:
1.       Panaskan oven.
2.       Blender daun bayam, minyak sayur, dan cream cheese hingga halus / lembut. Atau bisa pakai food processor kalau mau ada teksturnya.
3.       Campur tepung beras dan tepung maizena, ayak.
4.       Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan memucat (sekitar  10-15 menit).
5.       Turunkan kecepatan menjadi kecepatan paling rendah. Masukkan campuran tepung, kocok perlahan (nomer 1), setelah rata, matikan mixer.
6.       Masukkan campuran bayam, minyak, dan cream cheese, aduk kembali hingga merata( jangan terlalu lama mengaduk)

7.       Tuang adonan kedalam loyang persegi 20x20cm yang telah diolesi minyak/margarine dan dialasi kertas roti.  Panggang hingga matang.
------------------------------------------------------------------

No comments: